Banda Aceh (12 Maret 2021) –– Dayah Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pagar Air menggelar kegiatan Tausiah dalam rangka memperingati Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah. Tausiah yang mengusung tema “Dengan peringatan Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW 1442 H mari kita tingkatkan motivasi santri Dayah MUQ Pagar Air – Aceh dalam menguasai IMTAQ dan IPTEK menuju Aceh Hebat” disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Eng. Teuku Abdullah Sanny, M.Sc (Guru Besar ITB/Sekretaris Dewan Pakar ICMC Pusat/Ketua Umum Yayasan Beudoh Gampong). Juga turut hadir Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri, S.Ag, MH beserta jajarannya, dan Kepala UPTD Pengelolaan Dayah Perbatasan dan Dayah MUQ Pagar Air Drs. Sahlan M. Dian.

Acara diawali dengan shalat subuh berjamaah di mushalla Dayah MUQ Pagar Air, kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar. Setelah itu acara langsung dibuka oleh Sekretaris Dayah MUQ Pagar Air, Ustdz Rayyan A Hadi, SHI. Sambutan awal sekaligus pengarahan disampaikan oleh Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri, S.Ag, MH. Dalam sambutannya beliau mengulas sedikit gambaran umum tentang Dayah MUQ Pagar Air Aceh, prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh santriwan dan santriwati, serta harapan untuk keberhasilan dan kemajuan Dayah MUQ Pagar Air kedepannya.

“Dalam perjalanannya yang sudah berusia lebih kurang 31 tahun, Dayah MUQ Pagar Air telah berhasil mendidik para santri-santrinya untuk menjadi seorang Hafizh dan Hafizhah yang handal dan tersebar di seluruh Aceh dan luar Aceh. Semoga kedepan akan terus berkembang dan dapat semakin banyak melahirkan para Hafizh dan Hafizhah yang mampu mengharumkan nama Daerah baik di tingkat Nasional maupun Internasional,” ungkap Kadis Pendidikan Dayah Aceh, Zahrol Fajri.

Suasana subuh menjadi semakin semangat seiring dengan disampaikannya tausiah inti oleh Prof. Dr. Ir. Eng. Teuku Abdullah Sanny, yang membagikan cerita serta pengalaman hidupnya selama menuntut ilmu dan berkarir di Jepang. Selaras dengan tema peringatan Isra’ Miraj kali ini, beliau sangat menekankan pentingnya teknologi di era saat ini tanpa mengurangi nilai-nilai agama dalam praktiknya. Generasi muda harus paham dan terjun langsung dalam kesuksesan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) namun harus juga terintegrasi degan Iman dan Taqwa (IMTAQ).

Dalam tausiahnya, beliau membagikan tips (kunci) penting yang beliau terapkan dalam menjalani kehidupan. Pertama adalah tepat waktu (on time), kedua Disiplin, ketiga Tubuh yang sehat dan kuat, keempat yaitu Kerja keras, kelima Perbanyak membaca, keenam Etos Kerja, dan ketujuh adalah Bersih. Menurut beliau, ketujuh hal ini ia pelajari dari kebiasan-kebiasaan yang dilakukan oleh kebanyakan penduduk di Jepang dan dampak yang dirasakan ketika menerapkan hal tersebut sangat luar biasa untuk kesehariannya.

“Saya berharap semoga santriwan dan santriwati di Dayah MUQ Pagar Air ini kelak akan menjadi generasi yang unggul dalam menciptakan inovasi-inovasi yang berguna bagi umat manusia. Menjadi para penghafal Alquran yang juga berperan dalam perkembangan teknologi.” Harapnya dalam penutup tausiah.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustdz. Zainuddin Arif, S. Pd, dan diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh tamu yang hadir serta seluruh santri dan santriwati Dayah MUQ Pagar Air Aceh.

— Editor : Putri Andriani,S.pd

Leave a comment

Bergabung

Subscribe to our mailing list

Copyright © 2021 by Dayah MUQ Pagar Air All rights reserved